Yasonna Berencana Bebaskan 20 Ribu Napi Narkoba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Yasonna Berencana Bebaskan 20 Ribu Napi Narkoba

FAJARONLINE, JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly rencananya akan membebasan sekitar 20 ribuan narapidana (napi) narkoba. Ia mengklaim rencana tersebut sebagai terobosan progresif.

Menurutnya, pembebasan bersyarat itu perlu dilakukan karena sat ini lapas-lapas sudah penuh dengan para napi narkoba. Selain itu, kebanyakan dari napi itu hanya korban penyalahgunaan narkoba, bukan pengedar dan bandar. Karena itu, mereka cukup direhabilitasi, bukan dipenjara.

“Rencana pelaksanaan assessment terhadap kurang lebih 20 ribuan napi yang bermasalah dengan adiksi narkoba menjadi terobosan progresif yang harus dieksekusi dengan cepat sehingga upaya penanggulangan masalah narkoba dalam jeruji besi bisa terlaksana dengan maksimal,” ucap Yasonna seperti dilansir RMOL, Sabtu (20/6).

Yasona memastikan, pembebasan bersyarat nanti tidak asal obral. Nantinya, akan ada Tim Asesmen Terpadu yang akan menilai seorang napi bisa diberikan pembebasan bersyarat atau tidak.

“Tim Asesmen Terpadu nantinya akan berperan penting untuk memastikan apakah sang napi benar-benar penyalah guna murni atau merangkap sebagai bandar. Jika terbukti hanya sebagai penyalah guna murni maka mereka rencananya akan diberikan grasi,” imbuh Yasonna.(ian/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top