Adnan-Karaeng Kio Berpeluang Cetak Sejarah di Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Adnan-Karaeng Kio Berpeluang Cetak Sejarah di Sulsel

FAJARONLINE, MAKASSAR – Pasangan independen dalam beberapa pilkada di Sulsel yang berhasil memenangkan pertarungan masih bisa dihitung jari. Sejak pilkada, tercatat baru empat pasangan calon independen yang memenangkan pertarungan di Indonesia.

Berdasarkan catatan yang ada, para calon independen yang sukses mengalahkan infrastruktur mesin parpol, Irwandi Yusuf- M Nazar (pilgub Nanggroe Aceh Darussalam), Christian N Dillak- Zacharias P Manafe (pilkada Rote Ndou, Nusa Tenggara Timur), OK Arya Zulkarnain-Gong Martua Siregar (pilkada Batubara, Sumatera Utara) dan pasangan Aceng Fikri-Raden Dicky Chandra (pilkada Garut, Jawa Barat).

Di Sulsel, jumlah calon bupati jalur independen yang maju di pilkada serentak sangat minim. Ini kemungkinan disebabkan syarat dukungan yang kian bertambah sesuai dengan UU pilkada 2015. Hasil penyerahan dukungan ke 11 KPUD baru-baru ini, hanya ada beberapa figur yang dinyatakan lulus seleksi tahap awal. Seperti Adnan Purichta IYL-Abdul Rauf Karaeng Kio, Jamaluddin Maknun Masykur, Hasan Hasyim-Abdul Nasir di pilkada Gowa, Sementara di Pangkep, ada Sangkala Taepe-Andi Muhammad Ali dan Nur Ahmad- Hafsul W Hafatah. Terakhir di Soppeng, ada Andi Kaharuddin-Andi Kastahar.

Dari nama-nama tersebut, cuma pasangan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Karaeng Kio yang patut diperhitungkan menambah deretan pemenangan pilkada jalur independen. Adnan saat ini menjabat legislator Golkar Sulsel, sedangkan Karaeng Kio merupakan birokrat tulen yang menjabat Asisten I Pemkab Gowa. “Pasangan Adnan dan Karaeng Kio merupakan calon independen yang sangat layak diperhitungkan. Meski calon independen, namun bisa dipastikan pasangan itu mampu bersaing dengan pasangan usungan parpol,” ujar Direktur Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI), Irfan Jaya, Minggu 21 Juni. (jai)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top