Akmal Soroti Mahalnya Distribusi Pangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Akmal Soroti Mahalnya Distribusi Pangan

FAJARONLINE, MAKASSAR — Persoalan berulang tiap tahun berkaitan distribusi pangan di bulan ramadan dan menjelang lebaran mendapat perhatian anggota komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. Pasalnya distribusi pangan ini terus jadi keluhan masyarakat tiap tahun.

Khusus pemerintahan saat ini, dinikai sudah menunjukkan sedikir perbaikan. “Saya merasa senang dengan koordinasi menteri pertanian dengan menteri perhubungan yang mulai bergerak untuk mengusahakan pengurangan antrean moda transportasi darat dan laut yang mengangkut bahan pangan”, ujar Andi Akmal via rilis Fraksi PKS DPR RI, Senin 22 Juni.

Dia mengatakan masing-masing lembaga tinggi setingkat kementerian, memang seharusnya tidak memiliki ego sektoral yang menjadi sumber penghambat arus birokrasi. Maka penyelesaian masalah distribusi pangan  jangka panjang, setidaknya harus melibatkan lima kementerian yakni Perdagangan, Perhubungan, Kesehatan,  Pertanian, dan Kementerian PU.

“Semua kementerian itu tergabung pada rapat koordinasi terbatas bidang pangan yang dipimpin menteri koordinator bidang perekonomian,” kata Akmal. Namun legislator dari dapil Sulsel II ini menyoroti pada mahalnya biaya distribusi akibat “sosial cost” yang tidak diduga. Yakni pungutan liar yang selalu membayangi armada angkutan bahan pangan.

“Persoalan pungli ini sangat akut pada lintasan bahan pangan antar pulau antar provinsi. Ini juga yang menjadi salah satu alasan biaya impor pangan lebih murah dari pada produk dalam negeri yang di distribusi antar pulau antar propinsi,” ketus Ketua DPW PKS Sulsel ini. (nur/wik)

loading...
Click to comment
To Top