Besok, Jaksa Agung Umumkan Lima Nama Capim KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Besok, Jaksa Agung Umumkan Lima Nama Capim KPK

FAJARONLINE, JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) rencananya akan mengumumnkan nama-nama jaksa aktif yang akan mengikuti seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK. Hal tersebut dikatan Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Tony Spontana, melalui pesan singkatnya, Senin (22/6).

Kata Tony, ada lima nama yang akan mengikuti seleksi capim tersebut. Dimana mereka terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Jaksa Agung. “Besok akan diumumkan secara resmi oleh Jaksa Agung. Dan ada lima nama yang sudah ada di meja Jaksa Agung, tinggal diumumkan saja,” ujarnya.

Lanjut dia, untuk jaksa yang berstatus masih aktif memang harus mendapat persetujuan oleh Jaksa Agung. Sementara jaksa yang sudah pension tinggal meminta rekomendasi saja. “Kan ada aturannya kalau jaksa yang masih aktif. Itu kan seperti jaksa yang diperbantukan,” jelasnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung H. M  Prasetyo, mengatakan seorang calon pimpinan KPK harus dapat dipertimbangkan dari segi kompetensi, identitas dan integritasnya. Calon pimpinan KPK dari Kejaksaan diharapkan bisa melepas diri dari segala kepentingan apapun dan mengabdikan diri sepenuhnya jika kelak dipercaya duduk di kursi komisioner lembaga antirasuah.

“Kalau memungkinkan, diharapkan kita mendapat figur yang tidak mencari popularitas, mencari panggung dan bersikap pragmatis mengejar jabatan lainnya. Karena di KPK maupun Kejaksaan sifatnya adalah pengabdian,” ujarnya.

To Top