Tampil di Sufi X, Guru di Bone Ini Pinjam Busana dan Alat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Tampil di Sufi X, Guru di Bone Ini Pinjam Busana dan Alat

FAJARONLINE,WATAMPONE — Qasidah rebana adalah media dakwah Islam yang mulai ditinggalkan. Nah, guru-guru di Bone berupaya menempuh pelbagai cara untuk melestarikan kesenian religius itu.
Salah satunya Musdalifah, guru dari SD 36 Palakka. Dirinya membentuk grup qasidah beranggotakan siswa SD kelas 4-6. Untuk menarik minat siswa bergabung, qasidah dia masukkan sebagai salah satu kegiatan ekstrakuler yang wajib diikuti siswa.
“Dalam kurikulum sekolah kita sisipkan. Mereka punya jadwal latihan rutin selain kegiatan kurikuler biasa,” jelasnya.
Kategori qasidah pada Sufi X dibuka untuk umum, artinya semua kalangan boleh mendaftar jadi peserta. Nah, grup qasidah yang berasal desa Mattanete Bua itu salah satu yang anggotanya paling muda. Walaupun masih belia, mereka tampil cukup baik dan tidak canggung dihadapan para penonton yang hadir di pelataran masjid.
TK TPA Darul Ulum juga berperan dalam menarik minat anak-anak di Kecamatan Cina memainkan qasidah. Meski dengan segala keterbatasan, mereka tetap bersemangat mengikuti lomba qasidah yang dihelat oleh Suzuki-FAJAR kemarin.
“Kostum dan busana muslim kami pinjam dari SD Inpres 10, alat-alat rebana juga pinjam dari SMPN 2,” beber pembina TK TPA Darul Ulum, Nurhaedah.
Dalam mengikuti lomba itu, Darul Ulum memboyong sembilan orang santrinya. Mereka juga didampingi guru dari SMPN 2, Muh Yunus. Tahun lalu mereka puas berada di posisi runner up dibawah BKMT Bengu. (ris)
 
loading...
Click to comment
To Top