Tim Penilai Provinsi Kunjungi Pati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tim Penilai Provinsi Kunjungi Pati

PATI, RAJA – Keberpihakan bupati pada koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) divisitasi Tim Penilai Tingkat Provinsi. Kunjungan visitasi ini dilakukan setelah Pati masuk 15 besar berdasarkan hasil penilaian berkas yang dikirim oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati.

“Visitasi dilakukan karena kami ingin melihat apakah kondisi di lapangan sama dengan berkas yang telah dikirim kepada kami”, ujar Ketua Rombongan Tim Visitasi Drs Sugeng, MM MSi, pekan lalu.

Saat ditanya usai visitasi, Sugeng yang juga merupakan Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM (Balatkop) Provinsi Jawa Tengah ini mengatakan bahwa Bupati Pati nampak menguasai materi perkoperasian dan UMKM  yang dipaparkannya di hadapaan tim visitasi. “Jika pimpinan daerah faham harapannya tentu saja beliau akan lebih berpihak pada koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Kepada Bupati Pati, Sugeng meminta agar Pemkab lebih menajamkan program-program kreatif mereka. “Coffee morning yang digagas untuk mempertemukan para pelaku UMKM dan Koperasi dengan Perbankan adalah upaya yang patut diapresiasi. Apalagi Pak Bupati punya maksud baik bahwa jika ada UMKM atau koperasi yang kesulitan modal bisa langsung mendapatkan solusi dari Perbankan,” terang Sugeng.

Tapi menurut Kepala Balatkop, keseriusan perbankan harus lebih diperkuat dengan ikatan tertulis dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU. “Jadi pihak perbankan tak bisa hanya sekedar ngasih janji, tapi hasil kerjasama keduanya harus lebih terukur dan terpetakan. Kita akan tahu mana saja yang sudah dibantu Perbankan dan mana yang belum,” terangnya.

Selain itu, menurut Sugeng, Pemkab juga perlu memetakan koperasi dan UMKM mana saja yang sudah tersentuh program peningkatan kualitas SDM dan mana saja yang belum. “Dan akan lebih mantab lagi bila ada kerjasama antar daerah yang mendukung pengembangan Koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Di akhir sesi wawancara, Sugeng mengungkapkan bahwa hasil visitasi ini akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Jadi Provinsi Jateng pada bulan Agustus meendatang. “Kita akan tahu siapa juaranya di acara itu,” pungkasnya. (*)

loading...
Click to comment
To Top