Waspada…. Cendol-Cincau Berformalin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waspada…. Cendol-Cincau Berformalin

FAJARONLINE, MAKASSAR – Masyarakat penghobi cendol dan cincau di Makassar sepatutnya berhati-hati terhadap kedua makanan ringan tersebut. Dalam razia Dinas Kesehatan Makassar ke pasar tradisional, siang tadi, Senin 22 Juni, menemukan makanan mengandung bahan pengawet formalin dan boraks. Padahal kedua zat pengawet yang tidak ditujukan untuk makanan itu amat berbahaya bagi kesehatan. Pemeriksaan di Pasar Terong, petugas menemukan cendol dan cincau mengandung boraks dan formalin sesuai pemeriksaan langsung tim Dinas Kesehatan Makassar.

Pedagang menyebutkan, tidak tahu tentang cendol dan cincau yang dijualnya mengandung formalin dan boraks. Dia menyebut, cendol dan cincau itu berasal dari produsen di Kabupaten Gowa dan Maros. Dia hanya menjual secara eceran.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin meminta konsumen lebih hati-hati berbelanja. Saah satu panduan utama mengetahui apakah cendol dan boraks mengandung formalin atau boraks dengan mengenali tekstur cendol dan cincau, apakah terlalu kenyal atau tidak mudah hancur. (jai)

loading...
Click to comment
To Top