Boraks-Formalin Rusak Organ Tubuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Boraks-Formalin Rusak Organ Tubuh

FAJARONLINE, MAKASSAR – Penemuan cendol dan cincau berformalin dan boraks dalam operasi Dinas Kesehatan Makassar di Pasar Terong, Senin 22 Juni membuat banyak kalang tercengang. Dalam uji laboratorium, takjil seperti cendol, mutiara sagu, dan cincau mengandung boraks dan formalin.

Takjil banyak dijual di pinggir jalan jelang buka puasa. Memang jajanan seperti cendol dan cincau menjadi incaran menjelang buka puasa. Kedua bahan makanan itu dianggap mampu memberikan kesegaran dan menuntaskan dahaga setelah seharian berpuasa.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Makassar, Andi Naisiyah Azikin mengatakan bahan kimia seperti boraks dan formalin sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, beberapa jenis makanan lainnya, juga menggunakan pewarna dan pemanis buatan yang tidak bersahabat dengan organ tubuh.

“Jelas ini berbahaya. Memang tidak membuat yang konsumsi langsung mati, tapi perlahan-lahan merusak organ tubuh. Makanya, banyak kita dengar ada orang cuci darah dan sebagainya, karena ginjalnya sudah rusak akibat, salah satunya karena bahan kimia dalam makanan,” ujarnya, Selasa 23 Juni. (jai)

loading...
Click to comment
To Top