Ini Rencana Amirul Tamim Terhadap Dana Aspirasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Rencana Amirul Tamim Terhadap Dana Aspirasi

JAKARTA – Akhirnya, setelah melalui proses interupsi yang panjang, rapat paripurna DPR memutuskan untuk mengesahkan peraturan Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau dana aspirasi. Meski dalam paripurna ada tiga fraksi menyatakan menolak melanjutkan pembahasan mekanisme peraturan tersebut, yaitu Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem dan Fraksi Hanura.

Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra), MZ Amirul Tamim mengapresiasi pengesahan dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar per anggota itu. Dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk program-program pembangunan didaerah pemilihan masing-masing.

Sebelumnya, banyak pro kontra terkait dengan dianggarkannya dana aspirasi dalam RAPBN 2016. Menanggapi soal itu, Amirul pun meminta kepada semua pihak agar tidak terlalu berpikir sempit dalam mengkonotasikan dana aspirasi.

“Kita pada prinsipnya sudah dalam kapasitas memperjuangkan aspirasi di daerah. Apa yang dibayangkan oleh segelintir orang terhadap mekanisme dana aspirasi tidak sejauh itu. Pemikiran bahwa dana aspirasi mekanismenya dipegang oleh anggota DPR itu keliru dan tidak ada aturan yang mendukung seperti itu,” jelas Amirul Tamim saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/6).

Dikatakan, paket anggaran yang disampaikan itu tentu sudah berdasarkan apa yang ditemui didaerah, kebutuhan daerah. Justru, jika melihat dari komponen aspirasi dana, anggaran Rp 20 miliar justru masih kecil. “Itu masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan daerah di Sultra yang memang masih membutuhkan pembangunan infrastruktur dihampir semua daerah,” pungkasnya.

[NEXT-FAJAR]

Mantan Walikota Baubau dua periode ini memaparkan, dengan dana Rp 20 miliar yang terbatas itu jika dibandingkan dengan kebutuhan daerah, tentunya akan ada daerah yang menjadi skala prioritas. Oleh sebab itu, dengan adanya dana aspirasi akan menjadi tantangan tersendiri.

“Pertama, memang pasti tidak bisa memuaskan semua. Kedua, akan menambah beban pengawasannya agar penyaluran dana dan pemanfaatan dana lebih efektif,” tambahnya.

Untuk itu, Politisi PPP ini akan menyalurkan dana aspirasinya lebih kepada belanja modal, pembangunan infrastruktur yang bias memberikan manfaat besar bagi kepentingan yang lebih besar. “Kalau sifatnya hanya untuk menyalurkan pada kepentingan kecil saya kira dana-dana program yang selama ini digulirkan sudah cukup banyak,” ujarnya.

Lebih lanjut, khusus di Sultra perlu saling mendukung diantara lima anggota perwakilan yang ada. Dikatakan, jika kelimanya menggabungkan anggaran tersebut maka program yang dikerjakan nantinya bisa membiayai proyek yang lebih besar manfaatnya bagi daerah.

“Kalau kita sepakat gabungkan anggarannya akan mencapai Rp 100 miliar yang bisa membiayai proyek yang lebih besar dan bersifat menumental bagi daerah ketimbang dihambur-hambur dalam bentuk paket kecil yang tidak menyentuh secara menyeluruh,” sarannya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top