Koalisi Amir Uskara Berpeluang Kandas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Koalisi Amir Uskara Berpeluang Kandas

FAJARONLINE, MAKASSAR – Rencana bakal calon bupati Gowa, Amir Uskara membangun koalisi besar masih meragukan. Salah satu penyebabnya, koalisi yang dimaksud minim kursi. Bahkan bukan tidak mungkin, legislator PPP pusat itu kandas melenggang menjadi kontestan dalam pilkada Gowa Desember 2015 mendatang. Ini bisa terjadi jika KPU menolak PPP ikut sebagai peserta pilkada menyusul dualisme kepemimpinan di DPP PPP.

Sesuai syarat dukungan parpol pilkada Gowa, setiap kandidat harus mengantongi minimal 20 persen perolehan kursi alias 9 kursi dari total 45 kursi DPRD Gowa. Amir Uskara mengklaim diusung PPP (enam kursi), Partai Nasdem (tiga kursi), PBB (satu kursi), PKS (tiga kursi) dan PKB ( satu kursi). Total perolehan 14 kursi. Namun jika PPP tak ikut pilkada, maka klaim kursi Amir Uskara sisa delapan kursi atau kurang satu kursi untuk lolos sebagai kontestan.

Jumlah kursi itu pun masih bisa rontok jika partai yang diklaim loncat ke kandidat lain seperti Andi Maddusila A Idjo atau A Tenri Olle Yasin Limpo yang memang masih membutuhkan tambahan kursi. Amir Uskara yang dikonfirmasi optimistis bisa melenggang mulus sebagai kontestan di Pilkada Gowa. “Insya Allah usungan partai saya akan cukup. Saya sudah komitmen membangun koalisi besar, apa lagi sudah ada arahan sejumlah partai akan mengusung saya,” ujarnya. (jai)

To Top