KPK Mangkir di Sidang MK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KPK Mangkir di Sidang MK

JAKARTA-Mahkamah Konstitusi (MK) bakal kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun tujuan pemanggilan itu terkait sidang uji materi mengenai pasal pemberhentian sementara Pimpinan KPK, yang diajukan Wakil Ketua nonaktif KPK, Bambang Widjojanto (BW).

Ketua Majelis Hakim Konstitusi (MK), Arief Hidayat mengatakan, pemanggilan itu dilakukan guna menghadirkan dan memperdengarkan bukti rekaman upaya kriminalisasi KPK, baik secara terbuka maupun tertutup dalam sidang Majelis Hakim Konstitusi.

“Kita tentukan mengundang pihak terkait, dan meminta klarifikasi kepada KPK. Sidang dijadwalkan pada Selasa 30 juni 2015, dengan agenda khusus untuk mendengarkan pihak terkait dan klarifikasi dari pihak terkait,” terang Arief, sebelum menutup persidangan di Ruang Sidang MK, Jakarta Pusat, Selasa (23/6).

Sedianya KPK hari ini dijadwalkan untuk memberikan keterangan dalam sidang lanjutan uji materi Pasal 32 ayat 2 Undang-Undang KPK. Namun, persidangan tersebut hanya dihadiri oleh dua pakar hukum yang kemudian memberikan keterangan sebagai ahli.

Dalam akhir persidangan, Bambang sebagai pemohon uji materi menyatakan tidak akan lagi mengajukan ahli atau saksi untuk diperdengarkan keterangannya. Sehingga, sidang kali ini seharusnya merupakan sidang terakhir, sebelum hakim membacakan putusan.

Bambang yang diminta untuk menghadirkan rekaman tersebut mengatakan bahwa hal itu bukan lagi menjadi kewenangannya, setelah tidak lagi menjabat sebagai Pimpinan KPK aktif. Bahkan, ia tidak bisa memastikan keberadaan rekaman tersebut saat ini.

Pernyataan mengenai adanya bukti rekaman kriminalisasi itu pernah dilontarkan penyidik KPK Novel Baswedan, saat bersaksi dalam sidang uji materi dengan pasal yang sama di MK beberapa waktu lalu. Saat itu, Novel menyatakan bahwa pimpinan KPK memegang bukti bahwa KPK sengaja dilemahkan dengan kriminalisasi. Hal itu terkait penetapan tersangka Komjen Pol Budi Gunawan. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
To Top