Masuk SD Sampai SMA Negeri Gratis di Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Masuk SD Sampai SMA Negeri Gratis di Temanggung

TEMANGGUNG – Terhitung mulai tahun ajaran 2015/2016 ini Pemkab Temanggung mengambil kebijakan menggratiskan seluruh sekolah negeri dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Kabupaten Temanggung. Pemkab melarang segala jenis pungutan dalam bentuk apapun bagi siswa mulai tahun ajaran baru ini.
Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Bambang Arochman, yang ditemui seusai sidang paripurna DPRD membenarkan bila pada tahun ajaran baru ini sesuai instruksi Bupati, Pemkab Temanggung membebaskan seluruh biaya pendidikan sekolah negeri dari tingkat SD hingga SMA sederajat di Kabupaten Temanggung.
“Surat Edarannya telah kita sebar ke satuan pendidikan, UPT dan Dinas Pendidikan. Di situ tercantum bahwa pihak sekolah khususnya SD, SMP dilarang menarik iuran dalam bentuk apapun. Kemudian untuk SMA sederajat sesuai perda, harus seizin bupati. Tetapi Bupati sudah menjamin tidak akan mengizinkan adanya pungutan, termasuk dari parent school, parent class dan komite sekolah. Pripsipnya sekolah negeri gratis,” terangnya, Selasa (23/6).
Ia menambahkan, alasan penggratisan sekolah negeri karena seluruh pembiayaan opersional sekolah telah ditanggung biaya operasional sekolah (BOS), sedangkan pos-pos yang tidak boleh diambilkan dari BOS akan diusulkan masuk dalam APBD Perubahan.
“Kita sudah warning tidak boleh ada pungutan. Kalau ada yang langgar yang kita proses sesuai peraturan yang berlaku, intinya jangan ada lagi pungutan,” tegas Sekda.
Sementara itu Kepala Dinas Kabupaten Temanggung, Darmadi, menjelaskan secara pripsip satuan pendidikan negeri tidak ada yang keberatan dengan bebas pungutan tersebut. Hanya untuk tingkat SMA sederajat ada sedikit kekhawatiran untuk pembiayaan yang tidak bisa diambilkan dari BOS. Contohnya, honor GTT/PTT akan diambilkan dari anggaran dari mana bila pungutan dilarang.
“Saat ini sedang diusulkan agar gaji GTT /PTT diambilkan dari APBD perubahan, karena hal tersebut sifatnya urgent dan sangat mendesak sekali,” pungkasnya. (din)

Click to comment
To Top