Prabowo Tegaskan Tak Ada Upaya Lemahkan KPK, Korupsi Harus Diberantas! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Prabowo Tegaskan Tak Ada Upaya Lemahkan KPK, Korupsi Harus Diberantas!

JAKARTA – Sejak awal memang keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti tak diinginkan. Apalagi setelah lembaga antirasuah ini menjebloskan para pejabat-pejabat tinggi Negara, pejabat daerah, pengusaha hingga petinggi parpol.

Kini, KPK pun seperti mati suri pasca terus-terusan berkonflik dengan Polri. Seperti ingin dimatikan secara perlahan-lahan, satu per satu kewenangan KPK pun mulai dipangkas. Tapi hal ini memang sudah menjadi hal yang biasa, mengingat sejak dulu kewenangan KPK selalu menjadi bahan yang menarik untuk diperdebatkan.

Bahkan, terkait dengan kewenangan KPK ini sudah sering diupayakan agar dilakukan revisi. Terutama  terhadap Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, tapi selalu kandas karena ditentang rakyat.

Kini, upaya itu dilakukan lagi. Revisi UU KPK itu sudahmasuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015-2019 yang menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, inisiatifnya dari DPR.

“Undang-undang ini sudah masuk dalam daftar Prolegnas 2015-2019 sebagai inisiatif DPR, dan perlu didorong un­tuk dimajukan sebagai priori­tas 2015,” kata Menkumham Yasonna H Laoly, di Ruang Rapat Badan Legislasi DPR RI, Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (16/6).

Yasonna menjelaskan, pelak­sanaan UU KPK masih men­imbulkan masalah yang me­nyebabkan terganggunya upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Menanggapi pro kontra terh­adap rencana revisi UU KPK itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku, pihaknya masih mempelajari draf revisi UU KPK yang saat ini ramai diperdebatkan.

“Kita sedang pelajari. Kita ten­tu ingin yang terbaik, yang pent­ing, korupsi harus kita berantas,” ujar Prabowo seusai menghadiri acara buka puasa bersama pet­inggi Koalisi Merah Putih (KMP) di Jakarta, Minggu (21/6).

Terkait dengan revisi UU KPK, menurut Prabowo, Gerindra masih belum me­nentukan sikap apakah akan menolak atau menyetujui ren­cana revisi UU KPK. Hingga saat ini pun Gerindra masih mempelajari hal itu. “Kita ingin yang terbaik. Korupsi harus kita berantas dan kita harus berdayakan seluruh lembaga Negara,” tegas Prabowo.

Meski banyak pendapat bahwa dengan adanya revisi UU KPK akan melemahkan KPK, Prabowo menilai sejauh ini dirinya tidak melihat rencana revisi UU KPK itu sengaja digulirkan untuk me­lemahkan lembaga KPK. Justru, Prabowo menilai apa yang dilakukan tentu untuk menghasilkan yang terbaik untuk bangsa.

“Masak para pemimpin me­lemahkan KPK. Saya kira tidak. Apa yang terbaik untuk bangsa, itu yang dilakukan. Itu sedang kami pelajari,” tutupnya. (hrm/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top