UKSW Juara I Debat Bahasa Inggris di Kopertis VI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

UKSW Juara I Debat Bahasa Inggris di Kopertis VI

SALATIGA, RAJA – Tim debat bahasa Inggris Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjadi juara I dari Lomba Debat Bahasa Inggris se-Kopertis VI di ISI Surakarta, Juni lalu. Menjadi juara I, tim debat UKSW secara otomatis akan mewakili Kopertis VI untuk lomba debat serupa, namun di tingkat nasional.

Tiga mahasiswa yang bergabung dalam tim ini adalah Aldy Pratama dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Chikitta Carnelian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) dan Aurelia Melinda Herka Puspita dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS).

Di babak final, tim debat UKSW berhasil menyisihkan tim dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Universitas PGRI Semarang.

Salah satu anggota tim, Aldy Pratama mengaku terkejut dengan perolehan hasil tersebut. Pihaknya pun sebelumnya tidak muluk-muluk dalam mencanangkan target. Sebab, pada tahun lalu UKSW tidak masuk final.

“Senang pastinya karena tahun ini kita berhasil jadi juara. Awalnya, kami mentargetkan bisa masuk final karena tahun sebelumnya kita tidak masuk final. Surprise kita malah bisa jadi juara,” kata Aldy Pratama mewakili tim nya.

Pembantu Rektor III UKSW Bidang Kemahasiswaan Arief Sadjiarto SE M Pd ketika menerima tim debat ini mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswanya. “Selamat pastinya dan selamat mempersiapkan diri mewakili kopertis,” katanya.

Selanjutnya, tim UKSW ini mempersiapkan lomba debat tingkat nasional yang akan digelar pada 21-26 Agustus mendatang di Palangkaraya. “Ada atau tidak ada kompetisi sebenarnya kami tetap berlatih. Sekarang selain berlatih kami juga menunggu pelatihan dari Dikti,” imbuh Aldy.

Di tingkat nasional nanti, ketiga mahasiswa yang tergabung dalam Satya Wacana English Debating Society ini mengakui lawan yang akan dihadapi akan lebih berat. Juara-juara dari masing-masing kopertis akan berkumpul di tingkat nasional Agustus mendatang. “Tapi kami akan berusaha memberikan yang terbaik. Kami berharap bisa masuk final,” kata Chikitta Carnelian. (SS)

Click to comment
To Top