Cerai, Jalan Pintas Konflik RT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Cerai, Jalan Pintas Konflik RT

FAJARONLINE, MAKASSAR — Kaswad juga menjelaskan faktor penyebab perceraian beragam. Selain tak ada keharmonisan, permasalahan ekonomi serta gangguan pihak ketiga juga menjadi alasan pasangan untuk bercerai. Ia mencontohkan seorang istri mengajukan cerai lantaran suami tak bisa memenuhi tuntutan penghasilan yang diinginkan.
Sesuai prosedur, lanjut Kaswad, kasus perceraian sebenarnya ditangani langsung oleh Pengadilan Agama. Sehingga perkara terkait perceraian lengkapnya ada di pengadilan.
Menurutnya, perceraian belakangan kerap digunakan sebagai jalan pintas menyelesaikan konflik rumah tangga. Ia tak menampik setiap tahun kasus perceraian cenderung meningkat. Semestinya, persoalan itu bisa dihindari selama pasangan memiliki mental dan moral yang kuat.
“Menurut saya semakin ke sini kepedulian akan moral semakin kurang. Hal ini menyebabkan ketika ada perselisihan inginnya diselesaikan dengan jalan pintas yakni perceraian,” ungkapnya.
Sambil memegang buku kasus perceraian setiap tahunnya, Kaswad mengatakan harus dilakukan persiapan mental calon pengantin selalu dilakukan oleh petugas Kantor Urusan Agama (KUA) melalui pembinaan pranikah. Salah satu tujuannya yakni menyiapkan mental pasangan  agar tak mudah mengambil jalur perceraian ketika terjadi konflik.
“Pada saat pendaftar mau menikah, dari KUA itu memberikan wejengan salah satunya dilakukan kursus pra nikah, dimana hal ini diperuntukkan untuk regenerasi pemuda,” terangnya.(taq/wik)
loading...
Click to comment
To Top