DPR Apresiasi Kinerja Menteri Gobel Stabilkan Harga Sembako – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

DPR Apresiasi Kinerja Menteri Gobel Stabilkan Harga Sembako

JAKARTA—Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan tim ekonomi kabinet ‘Kerja’ Presiden Joko Widodo dalam menstabilkan harga sembako pada bulan Ramadan.

“Kita apresiasi kinerja tim ekonomi pemerintah. Kita syukuri harga sembako saat ini relatif stabil dan tidak terlalu bergejolak,” kata Taufik Kurniawan di SenayanJakarta, Rabu (24/6).

Apresiasi ini diberikan terutama atas beberapa langka yang dilakukan Kementerian Perdagangan, dalam mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok selama ramadan dan menjelang lebaran.

Menteri Perdagangan Rachmad Gobel misalnya telah mengeluarkan izin impor daging sapi sebesar 29 ribu ekor sapi siap potong, untuk menstabilkan harga daging saat puasa dan lebaran.

Selain itu, Mendag juga telah menyiapkan keluarnya Perpres Nomer 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting. Perpres ini walau diragukan efektifitasnya, ternyata mampu juga mengendalikan gejolak harga selama puasa ini.

“Harapannya rakyat senang, harga-harga sembako relatif stabil agak terkendali, bisa berlangsung semakin baik lagi hingga lebaran nanti,” kata Taufik.

Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) ini lebih jauh mengingatkan pemerintah agar tetap waspada dan menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk menjaga harga sembako tetap stabil hingga lebaran.

“Kali ini tim ekonomi patut diapresiasi, terutama Kementerian Perdagangan,” katanya.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), Fadli Nurzal juga mengapresiasi Mendag yang bisa menstabilkan harga di saat puasa.

Karena itu, ia terus meminta Mendag Rachmat Gobel agar tetap mengambil langkah-langkah untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok terutama menjelang lebaran.

Fadli mengakui, saat ini harga masih merata dan kalau pun ada yang naik tidak secara signifikan. (fmc)

loading...
Click to comment
To Top