Jadi Tersangka Lagi, IAS Diperiksa KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Jadi Tersangka Lagi, IAS Diperiksa KPK

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan Mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kerja sama kelola dan transfer untuk instalasi PDAM Kota Makassar. Penyidik KPK pun telah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap IAS pada hari ini, Rabu (24/6).

Status tersangka oleh KPK ini untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya IAS juga pernah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama. Namun, akhirnya penetapan IAS sebagai tersangka pun dibatalkan berdasarkan hasil putusan praperadilan yang dilayangkan IAS.

“IAS pemanggilannya kali ini sebagai tersangka,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha kepada wartawan.

Ilham ditetapkan sebagai tersangka pada 10 Juni 2015. Surat perintah penyidikan (sprindik) baru dikeluarkan setelah gugatan praperadilan Ilham dikabulkan oleh hakim tunggal Yuningtyas Upiek Kartikawati di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ini kali kedua Ilham melayangkan gugatan praperadilan.

Dalam kasus ini, Ilham dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU 31/1999, sebagaimana diubah ke dalam UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (wid/RMOL)

To Top