Perceraian di Sulsel Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Perceraian di Sulsel Meningkat

FAJARONLINE, MAKASSAR – Angka perceraian di Sulsel setiap tahun cenderung mengalami peningkatan. Sebagian besar kasus perceraian disebabkan ketidakharmonisan antarpasangan.
Berdasarkan data penyebab terjadinya perceraian yang dihimpun Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sulsel. Selama tahun 2014 jumlah perceraian tercatat ada 10.615 ribu kasus atau 14,33 persen dengan jumlah pernikahan 74.067 ribu.
Jumlah itu meningkat dibanding 2013 lalu, dimana pada tahun 2013 lalu tercatat ada pernikahan 76.887 ribu, kemudian jumlah perceraian tercatat 9. 895 ribu atau 12,87 persen.
Jumlah itu, sudah meliputi cerai talak dengan cerai gugat. Dari data yang diterima, kebanyakan disebabkan tak ada keharmonisan dalam rumah tangga.
Kepala Bidang Urais Dan Bimsar Kanwil Kemenag Sulsel Kaswad Sartono menyebutkan, dari presentasi secara umum perceraian, kasus tersebut banyak dilakukan perempuan atau cerai gugat. Dimana, kemenag menyebutkan permintaan cerai gugat mencapai angka 80 persen setiap tahunnya. Hanya saja, pihaknya tidak bisa menguraikan daerah mana saja paling banyak permintaan cerai gugat itu terjadi.
“Dari dua jenis perceraian itu, paling banyak permintaan itu hingga kisaran 80 persen yakni cerai gugat,” katanya saat disambangi ruang kerjanya, Rabu 24 Juni. (taq)
loading...
Click to comment
To Top