Polres Demak Sita Puluhan Ribu Petasan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Polres Demak Sita Puluhan Ribu Petasan

DEMAK, RAJA – Sehari setelah terjadi insiden petasan yang meledak dan menghancurkan tangan seorang kakek, Polres Demak, Jawa Tengah, langsung menggelar operasi besar-besaran untuk merazia petasan di  wilayah hukumnya. Hasilnya, Polres Demak berhasil mengamankan 20 ribu lebih petasan siap edar, dalam sebuah penggrebegan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Demak, Selasa (23/6).

Penggrebegan melibatkan puluhan anggota dari sejumlah fungsi yang meliputi Satuan Intelkam, Satuan Sabhara serta Satuan Reserse dan Kriminal.

Unit Resmob sebagai tim pemukul langsung bergerak cepat menyisir rumah warga yang disinyalir sebagai tempat pembuatan petasan. Tim yang dipimpin langsung oleh Kasatreskrim Polres Demak AKP Philip Samosir bersama Kanit Resmob Ipda Sumarno tersebut berhasil menyita puluhan ribu petasan berikut bahan baku petasan di dua lokasi berbeda.

Tidak mudah untuk mendapatkan sejumlah barang bukti petasan tersebut, petugas harus masuk ke salah satu rumah pengrajin petasan melalui jendela. Bahkan, harus mendobrak pintu, pasalnya pada saat penggerebegan rumah dalam keadaan terkunci dan sepi karena ditinggal pemiliknya.

Kepala Bagian Operasi Polres Demak, Kompol Rusdi Batubara, mengatakan, Desa Bungo, Kecamatan Wedung merupakan daerah pesisir Demak yang dikenal karena banyak industri rumahan yang memproduksi petasan. Untuk itu pihaknya menggelar razia petasan untuk mengantisipasi peredaran petasan.

“Daerah sini (Desa Bungo, red) banyak yang bikin petasan. Tadi kita sisir dapat 20 ribu petasan siap edar, selongsong petasan dan obat petasan. Tapi pemiliknya sudah melarikan diri,” ungkap Kompol Rusdi.

Petasan, sambung Rusdi, sangat berbahaya bagi sang pembuat maupun pembeli, apabila meledak. Terlebih sebelumnya sempat terjadi kasus, seorang kakek tangannya hancur akibat terkena ledakan petasan.

“Petasan itu berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Tidak usah main petasanlah,” imbau Rusdi. (pit)

loading...
Click to comment
To Top