Bareskrim Ambil Alih Kasus Hatta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Bareskrim Ambil Alih Kasus Hatta

FAJARONLINE, JAKARTA — Aneh. Polda Sulsel tiba-tiba menyatakan bahwa Bupati Maros, Hatta Rahman belum berstatus tersangka. Bareskrim Polri yang mengetahui adanya penetapan tersangka, ikut heran. Ada sinyal kasus itu ditarik ke pusat.

Direktur II Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Brigjen Victor Simanjuntak menegaskan, Hatta Rahman sudah berstatus tersangka. Tidak mungkin dibatalkan begitu saja. Dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), seseorang hanya bisa berubah statusnya dari tersangka jika ada Surat Perintah Pemberhentian Penyidikan (SP3).

Sepanjang, tidak ada SP3, maka tidak ada jalan lain untuk menyatakan kasus tersebut berhenti atau mengubah status hukum seseorang. “Tidak mungkin dibatalkan statusnya. Itu tidak rasional. Bagaimana caranya? Apakah ada SP3? Lalu kalau SP3, apakah syaratnya terpenuhi? Jadi saya tidak percaya kalau itu (dibatalkan) terjadi di Polda Sulselbar,” kata Victor saat ditemui di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu, 24 Juni.

Victor mengisyaratkan akan mengambil alih kasus tersebut. Sebelumnya, Bareskrim sudah mewanti-wanti Polda agar tidak mempermainkan kasus tersebut. Penetapan tersangkanya sudah lama dan tak kunjung dilanjutkan ke persidangan. Hatta Rahman pun belum pernah diperiksa sama sekali. (arm-zaq-id-rin/ars-sap)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 25 Juni 2015

loading...
Click to comment
To Top