Akmal Minta Kenaikan TDL 450 Watt Ditunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Akmal Minta Kenaikan TDL 450 Watt Ditunda

FAJARONLINE, MAKASSAR — Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Andi Akmal Pasluddin sangat menyayangkan langkah pemerintah yang akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) 450 watt. Dengan tegas, dia meminta penundaan rencana kenaikan tersebut.

Dalam rilis Fraksi PKS DPR RI sesaat lalu, Akmal menyoroti kenaikan itu
sebagai langkah kejam pemerintah, menambah derita baru bagi rakyat pedesaan, yang mayoritas berada di segmen golongan pengguna listrik 450 watt.

Legislator PKS di Komisi IV ini mengatakan dampak kenaikan itu akan bersinggungan langsung dengan masyarakat pedesaan yang bermata pencaharian bertani, melaut, atau di sekitar hutan.

“Saya ingin mengatakan kepada pemerintah, alasan mengalihkan subsidi langsung berupa kartu yang dapat diuangkan untuk bayar listrik, bukanlah masalah mudah. Permasalahan baru bahkan bisa muncul di lingkungan masyarakat pengguna listrik 450 watt”, kata Andi Akmal.

Sebelumnya pemerintah melalui kementerian ESDM mengatakan, pengalihan subsidi yang disalurkan PLN akan dialihkan ke pengguna langsung berupa kartu-kartu program sosial yang akan diberikan kepada masyarakat golongan rumah tangga miskin.

Program sosial bentuknya apapun, lanjut Andi Akmal, larinya ke kebutuhan perut. Sehingga yang tadinya untuk listrik, kesehatan, pendidikan, jadi tidak berguna lagi. Langkah awal yang mesti dilakukan pemerintah, adalah mensejahterakan dahulu penduduk miskin yang junlahnua hampir mencapai angka 28 juta jiwa saat ini. (nur)

loading...
Click to comment
To Top