Efek Perpres Harga Kebutuhan Pokok Belum Nampak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Efek Perpres Harga Kebutuhan Pokok Belum Nampak

FAJARONLINE, JAKARTA – Keberadaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Pentingyang dikeluarkan Presiden Joko Widodo guna menekan harga berbagai kebutuhan pokok di pasaran, dinilai belum efektif.

Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar mengatakan, dengan belum efektifnya Perpres tersebut olehnya itu perlu ada keseriusan pemerintah dalam menyiapkan konsep dan implementasi pengawasan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, real time dan efektif serta menekan penyelewengan oleh sebagian pihak yang tidak bertangggung jawab.

“Perpres ini tidak efektif. Terbukti di pasaran harga bahan pokok sama sekali tidak mengalami penurunan. Dan Perpres bisa dipastikan tidak akan efektif untuk saat ini, karena persediaan pemerintah minim.” ujarnya.

Olehnya itu kata dia, cara yang paling memungkinkan bagi pemerintah nampaknya akan melakukan importasi, padahal dengan cara itu sudah terbukti tidak memberikan banyak manfaat kepada produsen pangan lokal yaitu petani,.

“Kalau pemerintah tidak serius dalam pengendalian, pemantauan dan intervensi harga maka bisa dipastikan perpres itu hanya akan bagus di atas kertas, namun buruk dalam implementasi,” tegasnya.

loading...
Click to comment
To Top