JK : Batik adalah Indonesia! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

JK : Batik adalah Indonesia!

FAJARONLINE, JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan, inovasi batik telah menjadi pemersatu bangsa Indonesia dari Aceh hingga Papua. Wapres mencermati, khalayak telah menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari.

“Batik adalah Indonesia. Ini perkembangan dan kemajuan yang menggembirakan. Pemakaian dan produksi batik telah meluas ke seluruh wilayah Indonesia hingga ke Papua,” ujarnya.

Menurutnya JK, para pengrajin dan desainer telah mengembangkan motif batik hingga beragam. Dari tradisional, modern, keperluan sehari-hari dan resmi.

“Selain itu, ada pula kreativitas dalam produksi warna,” kata JK saat membuka Pameran Gelar Batik Nusantara 2015 ini bertema “Batik, Pemersatu Bangsa” yang berlangsung mulai Rabu hingga Minggu (24-28/6).

Dia juga terus mendorong industri batik nasional terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi agar jangan sampai kalah dari negara lain yang juga memproduksi kain motif batik secara massal.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufida Jusuf Kalla membuka secara resmi pameran ini. Hadir pula Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia Sri Murniati Widodo AS dan Pembina. Yayasan Batik Indonesia, Ani Bambang Yudhoyono dan Ketua Penyelenggara GBN Ratna Djoko Suyanto. Penyelenggaraan GBN secara regular setiap dua tahun sekali sejak tahun 1996 diprakarsai oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian.

loading...
Click to comment
To Top