Status Tersangka Hatta Rahman Bisa Ubah Peta Politik Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Status Tersangka Hatta Rahman Bisa Ubah Peta Politik Maros

FAJARONLINE, MAKASSAR – Peta politik menjelang pilkada diprediksi berubah drastis pascapengumuman status tersangka terhadap Bupati Maros Hatta Rahman di Bareskrim Mabes Polri. Elektabilitas Hatta Rahman yang selama ini tak tertandingi bisa saja melorot menyusul status tersangka dugaan korupsi dalam proyek penerangan lampu jalan dan taman di Butta Salewangeng.

Direktur Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI), Irfan Jaya menganalisa, status tersangka yang membelit bupati Maros Hatta Raham dipastikan sangat mempengaruhi elektabilitas menjelang pilkada Desember 2015 mendatang. “Publikasi penetapan HR sebagai tersangka sangat mempengaruhi kepercayaan publik. Otomatis berpotensi menurunkan elektabilitas,” ujar Irfan di Makassar, Rabu malam 24 Juni.

Persoalan hukum dipastikan mengganggu persiapan Hatta menjelang pilkada tersebut akan membuat rivalnya meraih keuntungan. “Tentu HR tidak bisa berkonsentrasi penuh pada agenda pilkada karena terbagi degan persoalan hukum. Sementara, figur yang akan menjadi rivalnya akan lebih leluasa membuka celah mengejar Hatta,” katanya.

Meski demikian bukan berarti HR tidak dapat membalikkan keadaan (rebound). “HR tetap berpotensi melakukan rebound kembali. Tergantung kemampuan membalikkan opini. Misalnya dia sebagai orang yang terzalimi karena dipublikasikan statusnya menjelang pilkada,” demikian Irfan. (eds)

loading...
Click to comment
To Top