SYL Setuju Dana Aspirasi, Asal Jangan Dikorupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

SYL Setuju Dana Aspirasi, Asal Jangan Dikorupsi

FAJARONLINE, JAKARTA – Keinginan DPR tentang usulan program pembangunan daerah pemilihan (UP2DP) atau yang lebih dikenal dengan sebutan dana aspirasi ternyata mendapat reaksi positif sebagian kepala daerah. Bahkan para gubernur yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ‎(APPSI) memberi sinyal dukungan terhadap langkah DPR menggulirkan dana aspirasi.

Ketua APPSI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, dana apapun yang dikeluarkan pemerintah untuk pembangunan di daerah pasti mendapat sambutan yang baik masyarakat. “‎Semua dana asal benar-bena untuk kepentingan daerah kan sah-sah saja. Tentu saja posisi para gubernur akan mau bekerja sama. Ini kan bagus untuk rakyat sepanjang tidak dikorupsi saja,” ujarnya di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Juni.

Syahrul menegaskan, dana aspirasi sah-sah saja asalkan penggunaannya bisa diatur dan dikelola secara baik, terutama dalam penentuan penanggungjawab penggunaan dana. Ditanya soal kekhawatiran Mendagri, Tjahjo Kumolo yang meragukan dana aspirasi bisa dikelola pemda, Syahrul enggan menjawab. Alasannya para pejabat daerah juga takut dijerat korupsi. “‎Saya tidak dalam posisi membenarkan atau menanggapi itu. Sekarang untuk korupsi juga siapa yang berani sih, yang penting prosesnya betul-betul transparan dan pengawasanya betul-betul dibuka terbuka untuk umum,” katanya.

Di samping itu, Syahrul mengingatkan agar dana aspirasi tidak sekedar digelontorkan ke daerah tanpa hasil nyata. Karenanya, ia meminta ada pembicaraan yang intensif sebelum dana aspirasi disetujui. “Tidak dengan mudah saja uang sekian puluh miliar dilempar ke rakyat, enggak bisa seperti itu. Input output-nya juga harus diukur,” tandasnya. (jpnn)

loading...
Click to comment
To Top