Wilayah Pati Mulai Krisis Air Bersih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wilayah Pati Mulai Krisis Air Bersih

PATI, RAJA – Musim kemarau mulai menyebabkan ratusan desa di Kabupaten Pati, Grobogan, Rembang dan Blora di Jawa Tengah, mengalami kekurangan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga memaksa ratusan Pemerintahan Desa harus meminta bantuan pengiriman (droping) air ke kantor Bakorwil I Jateng di Pati.

Kepala Bakorwil I Provinsi Jawa Tengah, Suko Mardiono, mengungkapkan kepada wartawan dampak musim kemarau mulai terasa. Sehingga pihaknya harus mengirim bantuan air bersih guna membantu keperluan warga sehari-hari, khususnya bagi warga yang berdomisli Kecamatan Gabus, Jakenan, dan Kecamatan Winong.

“Jumlah bantuan air bersih yang sudah dikirim ke Kecamatan Winong, Gabus dan Jakenan sebanyak 156 tangki. Per tangki berisi 5.000 liter air bersih. Bantuan tersebut dibagiakan ke 16 desa (Winong), 4 (Jakenan), dan 10 desa di Kecamatan Gabus,” kata Suko Mardiono.

Kasubid Pengembangan Kemasyarakatan Barkorlin I Jateng, Suyatman menambahkan permintaan bantuan air bersih dari masyarakat dipastikan akan melonjak ketika mendekati lebaran mendatang.

“Kami akan mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan air bersih dari warga di Kabupaten Pati, Grobogan, Rembang, dan Blora,” ujarnya. (oz)

To Top