Akhirnya PDIP Paketkan Hendi-Ita di Pilwalkot Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Akhirnya PDIP Paketkan Hendi-Ita di Pilwalkot Semarang

SEMARANG, RAJA – Teka-teki siapa yang akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pemilihan Walikota Semarang terjawab sudah. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini akhirnya memilih mengusung kembali incumbent Hendrar Prihadi berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti (Ita).

Kepastian paket Hendi-Ita muncul setelah Hendi dipanggil DPP PDIP kemarin. Informasinya, rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati di Jakarta.

Rekomendasi itu diberikan bukan hanya kepada Hendi tapi juga tiga bakal calon kepala daerah lainnya, yaitu FX Hadi Rudyatmo berpasangan Achmad Purnomo (Surakarta), Seno Samudro-Said Hidayat (Boyolali), dan Wardoyo Wijaya-Purwadi (Sukoharjo). Semuanya masih berstatus petahana.

Dengan demikian, sudah enam petahana yang kembali diusung oleh PDIP. Sebelumnya dua petahana juga diusung PDIP, yaitu Kota Magelang calon walikotanya Sigit Widyonindito (petahana) sedangkan calon wakilnya Windarti Agustina yang saat ini menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Magelang. Untuk Kabupaten Pemalang calon bupatinya Djunaidi (petahana) dan calon wakilnya Martono yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Pemalang.

Ini berarti, PDIP masih akan mencari kandidat yang akan diusung di 15 daerah lainnya. Namun, petahana sepertinya akan menjadi prioritas utamanya.

Meski sudah ada kepastian terkait rekomendasi untuk pasangan Hendi-Ita, beberapa pengurus PDI Perjuangan tak mau memberikan komentar tentang rekomendasi tersebut. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto ketika dikonfirmasi enggan memberikan komentarnya. “Hingga saat ini belum ada rekomendasi,” katanya.

Hendi — sapaan akrab Hendrar Prihadi –, juga enggan memberikan keterangan. Sepulang dari Jakarta untuk memenuhi undangan dari DPP PDIP, Kamis petang, Hendi tak banyak memberikan komentar. “Langsung kontak Mas Bambang (Bambang Wuryanto, red) saja Mas. Mungkin ada informasi tentang rekomendasi,” tegasnya.

Beberapa sumber yang dikonfirmasi malam tadi, juga mengaku baru mengetahui rekomendasi PDIP itu baru untuk Hendi, belum untuk wakilnya. “Yang saya dengar sih baru untuk Pak Hendi, kalau wakilnya belum, masih ramai,” ujra sumber yang juga bakal calon wakil walikota.

Ketua Bapilu DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng ketika dikonfirmasi membenarkan tentang turunnya rekomendasi ke pasangan Hendi-Ita. Dirinya mengatakan, nama Hendi memang sudah diputuskan pekan lalu untuk mendapat rekomendasi sebagai calon wali kota di Pilwakot Semarang. Sementara pekan ini, DPP menentukan wakilnya. “Kenapa dipilih Ita, lebih karena faktor popularitas dalam survey. Selain itu saat ini memang eranya perempuan untuk bersaing dalam persaingan politik. Maka dipilihlah Ita untuk mendampingi Hendi di Pilwakot Semarang 2015,” tegas Agustina Wilujeng yang juga Sekretaris DPD PDIP. (dbs)

loading...
Click to comment
To Top