Banyak Penipu Jual Batu Bacan Online, Ini Cara Mengetahuinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Banyak Penipu Jual Batu Bacan Online, Ini Cara Mengetahuinya

BATU Bacan sampai saat ini masing ngtren. Harganya juga belum beranjak turun. Yang super, masih puluhan juta rupiah per satu bongkahan (tidak sampai 1 kg).

Hal ini kemudian, membuat banyak penipuan berkodeok jualan batu bacan Online. Mereka sering menawarkan batu Bacan dengan harga murah meriah.

Harga yang biasa sering mereka tawarkan adalah, 1 ons Rp 500 ribu rupiah, 1 kg Rp 2 juta. Nomor HP mereka cantumkan disertai dengan pin BBM mereka. Herannya, meskipun mereka berkeliaran, tapi polisi tidak menunjukkan kinerjanya untuk memburu para penipu tersebut.

Mereka jelas-jelan telah melakukan penipuan di depan umum, sehingga tidak membutuhkan lagi laporan masyaraat, polisi harus langsung turun tangan. Sadap HP, mereka, catat IMEI mereka, PIN BBM, maka akan sangat mudah ditemukan, sebab sinyal HP tidak bisa dialihkan. Maka dengan mudah dapat diketahui posisi penipu tersebut, bahkan sinyal di HP-nya dari towwer mana bisa diketahui.

Untuk para pembeli batu bacan online, atau batu akik apa saja, dapat dengan mudah mengetahui para penipu jualan batu bacan online. Berikut 5 Cara untuk mengetahui mereka.

1. Selalu memposting jualan batu bacan mereka dengan harga murah, padahal yang ditawarkan kualitas super. Periksa akun facebook atau akun media sosialnya, dia tidak memiliki teman atau karib kerabat yang biasa melakukan komunikasi via facebook secara emosial. Misalkan jika memajang foto, maka pasti ada komentar dari keluarga atau teman-teman dekat, bercanda atau sekedar tanya kabar. Para penipu tidak memiliki riwayat facebook seperti ini, atau akun sosial lainnya.

2. Jika mereka manawarkan batu bacan, maka hendaklah anda menyuruh mereka untuk foto batu bacan tersebut dari berbagai sisi. Dipastikan ia tidak akan mampu foto batu tersebut dari berbagai sisi karena batunya tidak ada padanya. Atau yang paling simpel, memerintahkan dia untuk foto batu bacan yang hendak dijualnya di atas sendal. Dan lainnya.

3. Biasanya mereka menggunakan alamat Maluku Utara, baik itu alamat langsung pulau Bacan atau alamat di Halmahera. Jangan langsung percaya. Seleidiki alamatnya, sebab biasanya nama jalan atau desa tidak sesuai dengan apa yang mereka tulisa.

4. Gertak atau uji penjual batu Bacan tersebut untuk COD. Meskipun itu di Maluku Utara. Jika dia penipu, dia akan langsung mendelet PIN BBM anda atau tidak lagi membalas sms anda.

5. Jika alamatnya di Maluku Utara, meskipun terlihat bukan penipu, namun ada baiknya meminta bantu kepada teman atau keluarga di Maluku Utara untuk mencari tahu alamat penjual batu Bacan tersebut. Hal ini supaya anda tidak menyesal di kemudian hari, karena telah transfer, tapi barang tidak pernah dikirim.

 

loading...
Click to comment
To Top