Gangguan Kamtibmas Meningkat, Polres Imbau Masyarakat Waspada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Gangguan Kamtibmas Meningkat, Polres Imbau Masyarakat Waspada

FAJARONLINE, MAROS — Maraknya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) beberapa bulan terakhir, seperti gangguan  pencurian, kebakaran, kecelakaan lalu lintas serta gangguan Kamtibmas lainnya membuat Polres Maros mengeluarkan imbauan.

Diantaranya meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat terutama pada lingkungan, tempat tinggal dan tempat kerja masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Resort Maros, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Lafri Prasetyono, Jumat, 26 Juni.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau agar dihidupkan kembali pengamanan swakarsa seperti keberadaan pos kamling, ronda malam dan sebagainya.

“Sehingga tercipta rasa aman bagi masyarakat untuk mengurangi kesempatan pelaku kejahatan,” katanya.

Lafri juga meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Terutama ketika  berada ditempat-tempat umum seperti jalan raya, pasar, terminal dan tempat keramaian lainnya.

“Ketika berada ditempat-tempat umum sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, agar tidak memancing pelaku kejahatan dan tidak menjadi sasaran pelaku kejahatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, akhir-akhir ini juga cenderung kejadian pencurian kendaraan bermotor meningkat.

“Kita imbau agar pemilik kendaraan bermotor lebih hati-hati memarkir kendaraan ditempat umum dan sebaiknya memarkir ditempat yang telah disediakan serta memasang kunci tambahan pada kendaraannya,”jelasnya.

Jika berkendaraan dijalan umum, Lafri juga meminta agar pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraan serta selalu menggunakan helm pengaman.

“Bila membawa uang atau barang berharga dalam jumlah yang banyak diharapkan memberitahukan atau meminta bantuan pengawalan kepada pihak Polri terdekat,” katanya.

Dia menambahkan ketika bepergian atau meninggalkan rumah sebaiknya memeriksa dan memastikan rumah dalam keadaan terkunci.

“Sebelum bepergian pastikan rumah Anda terkuci dan kompor dalam kondisi mati. Atau bila perlu dititipkan pada tetangga untuk menghindari terjadinya resiko kebakaran,” sebutnya.

Kemudian, dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang timbul di dalam masyarakat agar dapat ditempuh dengan jalan musyawarah serta meningkatkan peran serta tokoh masyarakat. (Rin)

loading...
Click to comment
To Top