IAS Umrah Sebelum Dicekal KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

IAS Umrah Sebelum Dicekal KPK

FAJARONLINE, MAKASSAR – Tersangka dugaan korupsi PDAM Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS)  sudah berada di luar negeri. Mantan Wali Kota Makassar dua periode itu bersama keluarga melaksanakan ibadah umrah.  Wakil Ketua KPK sementara, Johan Budi Sapto Pribowo mengaku belum mengetahui informasi tersebut. “Ketika sprindik dicabut, maka semua yang mengikuti itu juga dicabut. Apakah dia dicegah lagi atau tidak, saya belum tahu,” ujar Johan dalam konferensi pers di kantornya, Jumat 26 Juni.

Sebelumnya, IAS dmenjadi tersangka oleh KPK pada 7 Mei 2014 lalu. Namun, dalam praperadilan status dicabut hakim pada  12 Mei 2015. Sebaliknya KPK tidak tinggal diam, pada 10 Juni 2015, KPK mentersangkakan IAS kembali yang kemudia penetapan tersangka itu digugat lagi pada 16 Juni 2015. Karena itu, penyidik KPK pada  24 Juni 2015 memanggil IAS untuk melakukan pemeriksaan sebagai tersangk kasus dugaan korupsi penyimpangan kerja sama Pemerintah Kota  dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar.

Kali itu IAS dianggap mangkir tanpa keterangan jelas. Penasihat hukum IAS, Johnson Panjaitan mengungkapkan kliennya belum mendapat surat panggilan dari KPK. Informasi redaksi dari pemberitaan, Ilham pada tanggal itu sedang berada di Mekkah, Arab Saudi bersama istri dan empat anaknya menunaikan umrah, dan berfoto di dekat Ka’bah. Di sisi lain, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mengaku pihaknya memang terlambat mengenakan status cegah ke Ilham. “IAS dicegah per 25 Juni 2015,” ujar dia melalui pesan pendek, Jumat, 26 Juni 2015. Artinya, KPK mencegah Ilham sehari setelah komisi antirasuah itu melayangkan surat panggilan pemeriksaan,” terang Priharsa, Jumat 26 Juni. (rmol)

loading...
Click to comment
To Top