Komisi II Beri Deadline KPU Hingga 2 Juli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Komisi II Beri Deadline KPU Hingga 2 Juli

FAJARONLINE, JAKARTA – Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman menegaskan pihaknya memberi waktu hingga 2 Juli kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membuktikan soal temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mensinyalir ada penyimpangan dana pemilu tahun 2013-2014 sebesar Rp 334 miliar.

Jika hingga tenggat waktu tersebut tidak KPU tidak menyelesaikannya, maka kata dia, Komisi II akan meminta penegak hukum untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

“Saat ini sudah selesai 80 persen yang ditindaklanjuti Rp 280 miliar dan sisanya 40 persen berarti Rp 90 miliar yang harus dituntaskan. Dan itu harus diselesaikan,” katanya kepada wartawan sebelum rapat lanjutan dengan KPU di Komisi II gedung DPR RI, Senayan, Jumat (26/6).

Rambe menambahkan penyimpangan anggaran tersebut antara lain mulai dari perjalanan dinas fiktif, volume pekerjaan kurang dari kontrak, pembayaran ganda melebihi standar yang ditetapkan, kelebihan pembelian barang dan jasa, pembayaran yang diterima oleh yang berhak, tidak memenuhi syarat dan sebagainya senilai Rp 334 miliar.

“Tapi, belum tentu juga anggota dan pimpinan KPU yang pasti bersalah, karena KPU ini kan sebagai lembaga yang memiliki divisi-divisi sendiri,” ujarnya.

Ia juga menekanjan bahwa hasil audit BPK terhadap KPU tidak ada rekayasa sama sekali, melainkan demi reputasi, integritas, dan independensi KPU sebelum menggelar Pilkada serentak Desember 2015 mendatang.

Click to comment
To Top