KPU Soppeng Kewalahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

KPU Soppeng Kewalahan

FAJARONLINE, MAKASSAR — Dipecatnya Komisioner KPU Soppeng Herlina oleh DKPP pada sidang yang digelar kemarin, Jumat 26 Juni. Meninggalkan persoalan serius di lingkungan KPU Soppeng sendiri, pasalnya jabatan Herlina yang saat ini kosong, membuat KPU Soppeng kewalahan.

Komisioner KPU Soppeng, Hasbi mengatakan, dampak pemberhentian tetap yang didera rekan kerjanya membuat beberapa kegiatan yang sebelumnya ditangani Herlina kini terancam tidak berjalan, cara mengantisipasi hal tersebut menurut Hasbi yakni menjalankan tugas ganda. “Kami sekarang tinggal berempat, jadi ada yang tugasnya ganda, dari pada menghambat kinerja” bebernya, Sabtu 27 Juni.

Hasbi menambahkan keputusan DKPP dalam memberhentikan Herlina akan segera di pleno di tataran elite KPU Soppeng, Hasbipun mengaku masih menunggu nama pengganti Herlina yang menjadi ranah KPU Sulsel untuk menggantikannya. “Penggantinya itu nanti KPU Sulsel yang berhak, kita disini akan memplenokan pemecatan tersebut” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU Sulsel Khaerul Mannan mengaku akan segera menetapkan pengganti Herlina, Hal tersebut merujuk sesuai UU NO. 15 TAHUN 2011, penggantian anggota KPU yang dipecat paling lambat akan diproses tujuh hari setelah sidang. “Secepatnya kita akan proses, tidak lama karena nantinya akan menghambat kalau lama” kata Khaerul.

Komisioner KPU lainnya Faisal Amir menggaransi kinerja KPU Soppeng yang saat ini kehilangan satu komisionernya tidak akan berdampak pada tersendatnya Penyelanggaraan Pilkada. “Pasti mereka (4 Komisioner Soppeng) akan bisa melaksanakan penyelanggaran Pilkada secara kolektif-kolegial, meski kehilangan satu komisoner” katanya.(mp1-mp3)

loading...
Click to comment
To Top