Puasa, Puskesmas Harus Tetap Optimal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Puasa, Puskesmas Harus Tetap Optimal

SEMARANG, RAJA – Walikota Semarang Hendrar Prihadi meminta setiap puskesmas memaksimalkan pelayanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat selama Ramadhan. Setiap pasien dari warga masyarakat diharapkan tidak dibeda-bedakan dalam pelayanannya.

“Kami punya keinginan agar puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Semarang bisa memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat tanpa terkecuali, semua mendapatkan pelayanan yang sama,” kata Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang saat meninjau pelayanan di Puskesmas Mijen, Kecamatan Mijen, Jumat (26/6).
Dalam kunjungan yang dilakukannya, Hendi mengecek langsung kondisi ruang pelayanan, laboratorium, infrastruktur serta peralatan yang mendukung pelayanan kesehatan dan meninjau rehabilitasi gedung baru yang nantinya akan digunakan untuk ruang pertemuan dan administrasi di Puskesmas Mijen. Ia juga menyempatkan berdialog dengan para pasien di ruang rawat inap.
Menurut dia, tinjauan yang dilakukan bersamaan dengan bulan Ramadhan ini, sekaligus juga untuk mengecek kesiapan pelayanan dalam menerima pasien dan tamu pemudik yang akan melewati Kota Semarang. Hal ini mengingat puskesmas Mijen terletak pada jalur alternative menuju wilayah selatan. “Diharapkan pelayanan kesehatan yang ada di Kota Semarang, termasuk salah satunya di Puskesmas Mijen ini dapat memberikan pelayanan yang baik dengan didukung kondisi lingkungan yang bersih, rapi dan nyaman bagi pasien,” katanya.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Mijen, Yetti Nastiti menjelaskan, bahwa puskesmas ini memiliki sejumlah pelayanan kesehatan yang cukup komplit meliputi poli umum, poli gigi, layanan gizi, santun lansia, Managemen Terpadu Balita Sehat (MTBS), imunisasi, laboratorium, KIA & KB, rawat inap, dan layanan promosi kesehatan.
Lebih lanjut, Yeti juga menyampaikan jumlah tenaga medis terdiri dari tiga dokter umum, satu okter gigi, sembilan bidan, sembilan perawat, satu tenaga epidemiologi, dua nalis, satu apoteker dan satu asisten apoteker. “Selain itu, terdapat pula sembilan tenaga non medis yang membantu pengadministrasian dan operasional dua mobil puskesmas keliling yang ada,” imbuhnya.
Dengan sarana prasarana lengkap serta tenaga medis yang mumpuni, Puskesmas Mijen ini rata-rata per hari memberikan pelayanan kepada 125-150 pasien di Kota Semarang. Mereka diantaranya mengidap penyakit seperti ISPA, hipertensi, diabetes militus, dan penyakit kulit. (Art)

loading...
Click to comment
To Top