Tim Gabungan Razia Rutan Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tim Gabungan Razia Rutan Temanggung

TEMANGGUNG, RAJA – Tim gabungan dari berbagai unsur BNN, Polres, Kodim, Satpol-PP dan RSUD Temanggung menggelar razia narkoba di Rumah Tahanan (Rutan) Temanggung Jumat (26/5). Dalam razia ini petugas hanya menemukan beberapa pil, senjata tajam dan uang ratusan ribu rupiah milik tahanan.

Begitu memasuki Rutan, tim gabungan langsung melakukan penggledahan satu per satu para warga binaan. Secara teliti anggota Sat Norkoba Polres Temanggung memeriksa setiap bagian tubuh dan saku pakaian warga binaan. Petugas juga memeriksa seluruh bagian kamar tahanan yang ditempati warga binaan. Setiap sudut kamar dan barang bawaan, hingga di tempat tidur para warga binaan diperiksa.
Menurut Kasatnarkoba Polres Temanggung, AKP Ari Sulitiawan, dari hasil pengledahan ditemukan enam butir pil yang kemungkinan adalah pil obat flu. Namun untuk lebih memastikan apakah pil tersebut termasuk obat-obatan yang dilarang akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain pil juga ditemukan benda-benda tajam dan uang ratusan ribu rupiah.
“Kegiatan ini adalah pendekatan humanis karena bila ada yang pakai narkoba akan direhabilitasi oleh BNN, tapi apabila ternyata menggunakan dan memiliki barang bukti tentu akan ditindak secara hukum,” katanya.
Sementara itu Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Temanggung, Sonny Hendrawan mengatakan razia sengaja dilakukan di lingkungan Rutan mengingat peredaran narkoba mungkin sekali dilakukan di dalamnya.
“Di daerah-daerah lain masih ditemukan peredaran narkoba di Rutan, bahkan ada juga warga binaan yang menjadi bandar, tentu hal tersebut kita antisipasi,” katanya.
Ia menambahkan pada kesempatan tersebut bnn juga melakukan tes urine kepada warga binaan, apabila tes urine ditemukan tahanan yang positif menggunakan narkoba maka akan dlakukan rehabilitasi. “Kita lakukan tes urine kepada 20 warga binaan, hasilnya semuanya negatif tidak terbukti ada yang memakai atau mengkonsumsi narkoba. Sebelum di Temanggung BNN juga menggelar kegiatan yang sama di Magelang, hasilnya pun sama, tidak ditemukan pemakai,” terangnya.
BNN Kabupaten Temanggung sendiri membawahi empat kabupaten/kota yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten/Kota Magelang. Dari empat daerah tersebut BNN ditarget merehabilitasi 309 orang. Hingga kini telah terdapat 80 orang yang bersedia direhabilitasi. (din)

loading...
Click to comment
To Top