Wawali Salatiga: Ibadah Jangan Didasari Motif Hitung-hitungan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wawali Salatiga: Ibadah Jangan Didasari Motif Hitung-hitungan

SALATIGA – Dalam beribadah janganlah mempunyai motif hitung-hitungan. Namun, diyakini jika orang beribadah itu beragam motifnya seperti karena sungkan, lagi butuh, hitung-hitungan maupun adanya kecintaan. Apalagi di bulan Ramadhan ini, ibadah harusnya didasari akan motif ketulusan hati dan berterus terang. Demikian diungkapkan Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris SS MSi di ruang kerjanya kepada Rakyat Jateng, Jumat (26/6).

“Orang dalam beribadah itu mempunya aneka motif atau niat, ada yang karena ewuh/ricuh (sungkan), memang butuh, hitung-hitungan dan mahabbah (kecintaan). Apalagi di bulan Ramadhan ini, kita beribadah harusnya dengan motif ketulusan hati dan berterus terang,” jelasnya.
Ibadah dengan ketulusan hati itu sebagai wujud berterus terang kepada Allah akan dosa-dosa manusia. Dengan jujur meminta segala sesuatu yang menjadi kebutuhan kita. Dan Allah adalah satu-satunya yang senang jika hambanya banyak yang meminta. Ini akan beda dengan manusia, dengan banyak meminta pasti akan ada penolakan.
Ditambahkan Haris, diakui jika manusia itu banyak kekurangannya karena memang bukan makluk yang sempurna. Dari sini bagaimana manusia itu berbuat yang terbaik terhadap sesamanya, menerima masukan serta mau melayani.
“Manusia menang tidak sempurna, namun bagaimana kita berbuat yang terbaik terhadap sesama, menerima masukan serta bagaimana kita saling melayani. Ini harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Haris. (hes)

Click to comment
To Top