‎PPDB Online Bermasalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

‎PPDB Online Bermasalah

FAJARONLINE, MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online dikeluhkan orangtua siswa. Pasalnya, sistem daring yang sedianya memudahkan itu justru menyulitkan orangtua karena memuat data yang keliru mengenai akreditasi sekolah.

Hal tersebut dialami oleh salah satu orangtua siswa, Munir Yapi. Anaknya, Safira Nur Faradiba M alumni SMPIT Al Biruni Makassar yang menurut data PPDB Online, SMPIT Al Biruni tidak terakreditasi. Peluang lulusnya pun semakin kecil karena penilaian daring juga memperhitungkan akreditas sekolah.

“Padahal, jelas-jelas SMPIT Al Biruni terakreditasi A dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah sejak tahun 2012 hingga 2017. Ini memunculkan pertanyaan, jangan sampai data yang digunakan Diknas adalah data kadaluarsa,” bebernya.

Munir sudah mencoba mendatangi Dinas Pendidikan Kota Makassar, namun upayanya belum membuahkan hasil. Pihak Diknas yang ia temui tidak memberi penjelasan memuaskan, meski telah ditunjukkan surat bukti akreditasi sekolah.

Senada, Pimpinan Al Biruni, Muh Arafah Kube menyebut tidak habis pikir kenapa data PPDB menunjukkan sekolahnya tidak terakreditasi. “Mungkin data yang digunakan Diknas di PPDB adalah data yang tidak up to date,” urainya.

Pihaknya kini berusaha meminta penjelasan agar hal tersebut tidak terulang pada alumni dan sekolah-sekolah lain. “Kami sudah menghubungi Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan hari Senin sudah ada kejelasan,” tandas Arafah. (ris)

loading...
Click to comment
To Top