Dongkrak Nilai untuk Masuk Sekolah Unggulan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Dongkrak Nilai untuk Masuk Sekolah Unggulan

FAJARONLINE, MAKASSAR – Musim pendaftaran siswa baru banyak dimanfaatkan oknum tertentu melakukan tindak kecurangan. Khususnya mereka yang ingin daftar di sekolah unggulan.  Mark-up nilai ujian nasional dilakukan. Nilai yang sebelumnya rendah, langsung jadi sempurna. Tujuannya ada jalan mulus masuk sekolah ternama.  Hal itu terjadi di SDN Sudirman III Makassar. Ada semacam mark-up nilai untuk mata pelajaran tertentu bagi anak yang lulus tahun ini.

Salah seorang orang tua murid menyebutkan sejumlah anak tersebut awalnya hanya punya nilai yang biasa di mata pelajaran tertentu. Bahkan saat nilai awal di Ujian Nasional (UN) terlihat, angka perolehannya tidak mencapai nilai sempurna. Namun saat SKHU-nya terbit, nilai langsung terdongkrak jauh.”Seperti nilai matematika, tiba-tiba dapat 100. Inikan tidak wajar karena nilai sempurna. Saya tahuji anaknya seperti apa itu,” ujarnya.

Dia pernah menanyakan ke kepsek yang bersangkutan. Namun kepsek membantah. Bahkan mengaku oknum di Dinas Pendidikanlah yang mengubah. Namun  pengubahan nilai itu berhubungan dengan pendaftaran sekolah.  “Saya juga pernah ditanya, kalau mau masuk sekolah unggulan, nilainya rendah harus diubah di sekolah sebelumnya. Selain itu mereka harus membayar. Seperti di SMPN 6, selain katanya membayar  Rp 5 juta, harus ubah nilai dulu,” katanya. (ful)

loading...
Click to comment
To Top