Harga Daging Sapi Stabil, Daging Ayam Turun Drastis di Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Harga Daging Sapi Stabil, Daging Ayam Turun Drastis di Temanggung

TEMANGGUNG – Tidak seperti di daerah lain yang mengalami kenaikan, harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memasuki pertengahan bulan puasa ini cenderung stabil. Bahkan untuk daging ayam potong mengalami penurunan yang cukup signifikan dibanding memasuki awal puasa lalu.

Harga daging sapi pun masih stabil. Menurut salah seorang pedagang daging sapi, Iriyanti (50), bahwa harga daging sapi di Pasar Kliwon Temanggung untuk yang kualitas super dijual dengan harga Rp95.000 per kilonya, sedangkan untuk kualitas biasa atau sedang Rp85.000 per kilonya.
“Permintaannya masih stabil, bahkan cenderung turun, jadi harganya belum naik sejak awal puasaharga nya tetap di kisaran 85 hingga 95 ribu, biasanya naik di akhir akhir puasa, mulai H-7 bisa mencapai di atas Rp100 ribu per kilonya,“ jelasnya.
Namun harga tersebut tidak membuat permintaan akan daging sapi meningkat. Beberapa pedagang malah mengeluhkan sepinya permintaan dari para konsumen di pertengahan bulan puasa ini. Penurunan permintaan daging sapi saat ini mencapai 25 persen.
“Langganan, penjual bakso, soto banyak yang mengurangi pembelian di bulan puasa , biasanya sehari bisa mencapai 50 kg sekarang hanya 30 kilo,” kata Danik (50).
Berbeda dengan daging sapi yang relatif stabil, harga daging ayam potong mengalami penurunan yang signifikan dibanding memasuki dan awal puasa kemarin. Harga daging ayam saat ini turun menjadi Rp26.000 per kilonya, padahal memasuki awal puasa lalu harga daging ayam mencapai Rp32.000 per kilo.
“Untuk tahun ini harga (ayam potong) Rp32 ribu per kilogram merupakan harga normal. Pada tahun lalu bisa menembus Rp35 ribu per kilogram. Kemungkinan harga akan naik menjelang lebaran,‘ ’ungkap seorang penjual daging ayam, Siti, Minggu (28/6) kemarin.
Siti menambahkan kalau berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harga daging ayam potong akan mengalami kenaikan di H-7, puncaknya di H-3 sebelum lebaran yang bisa mencapai Rp35.000,00 per kilonya. (din)

Click to comment
To Top