Mau Coba Roti Tawar Campur Arang Bambu? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Mau Coba Roti Tawar Campur Arang Bambu?

FAJARONLINE, JAKARTA – Pada umumnya kita mengenal roti tawar bewarna putih. Bagaimana dengan roti tawar bewarna hitam, sudahkah anda mencobanya?

Roti tawar hitam, rasanya sama dengan roti-roti tawar berbahan gandum lainnya. Warna hitam roti yang punya nama takesumi shokupan itu berasal dari campuran arang bambu.

’”Ini roti Jepang. Tidak hanya enak, tetapi juga bikin sehat. Kami adopsi untuk dijual di Indonesia,” jelas Irene Tansy, area manager Boulangerie Komugi, toko roti yang menjual kue-kue khas Jepang dan Prancis.

Kata Irene, ia menemukan keunikan pada orang Jepang yang suka mencampur arang bambu ke dalam makanan mereka. Selain itu juga suka mencelupkan daging atau makanan-makanan berlemak lainnya ke dalam arang bambu sebelum memakannya. Prosesnya seperti mencelupkan makanan ke dalam sup.

Kusyahirin, chef yang meramu roti itu, menjelaskan, takesumi berarti arang bambu dan shokupan bermakna roti tawar. “Bahan utamanya ya tetap terigu,” jelasnya.

Dia menambahkan, sejak dulu orang Indonesia sebenarnya juga sudah memakai arang bambu dalam campuran makanan untuk menetralkan racun tubuh. “Cuma, sekarang jarang yang seperti itu,’’ katanya seperti dikutip dari JPNN.

Tidak hanya dapat menyerap zat beracun dan radikal bebas dalam tubuh, arang bambu mempunyai khasiat lain. Makanan yang dicampur dengan arang bambu dapat menyeimbangkan metabolisme dan mereduksi kolesterol sehingga membantu melancarkan peredaran darah koroner, mencegah penyumbatan pada jantung, sampai mencegah penuaan dini.

Karena tergolong roti sehat, Irene menyarankan takesumi shokupan dikombinasikan dengan menu sehat lainnya. “Bolehlah sedikit butter. Butter lebih bagus daripada mentega,” ujar Irene menyarankan.

Daging asap dan telur juga bisa ditambahkan. Sebab, bagaimanapun, kalori dan protein tetap harus seimbang. ’’Tertarik sih, pengin coba. Menurutku unik,’’ ucap Florence Dannies.

Sebagai model yang harus selalu menjaga asupan makanan, Dannies merasa roti tawar hitam itu bisa menjadi alternatif untuk menu sarapan. ’”Saya suka roti. Jadi, kalau ada roti yang bikin sehat, kenapa nggak dicoba,” katanya.

loading...
Click to comment
To Top