Peluang Luthfi Halide Lebih Kuat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Peluang Luthfi Halide Lebih Kuat

FAJARONLINE, MAKASSAR — Sejumlah pengamat menilai dari sebelas daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah di sulsel. Pilkada Kabupaten Soppeng Salah satunya akan menarik. Pasalnha, Konstelasi pertarungan di Soppeng diperkirakan semakin ketat dengan melihat peluang terjadinya head to head antara Lutfi Halide dan Kaswadi Razak. Pengamat politik UIN Firdaus Muhammad menyebutkan bahwa  Faktor penentunya yakni pada partai pengusung dan calon pendamping.

“Peluang Lutfi makin kuat sekiranya jika didukung oleh Golkar. Faktor lain, jika berhasil lolos mendaftar maka program kerja dan strategi politik menjadi penentu yang lain,” katanya, Minggu 28 Juni.

Namun, kata Firdaus, head to head itu membuka ruang konflik yang tinggi antara pendukung masing-masing. Kendatinya, dua tokoh ini memiliki massa yang banyak. “Maka sebaiknya KPU dan pihak keamanan lebih antisipatif menghadapinya,” ucapnya.

Lain halnya dengan pengamat politik Unismuh Makassar Arqam Azikin. Menurutnya, Pertarungan politik Luthfi Halide (LHD) lawan Kaswadi Razak  (AKAR) bila lolos jadi calon akan menjadi partai Final dalam dinamika politik soppeng. Sebab yang Lain masih jauh dari kedua Figur tersebut.

“Kemungkinan parpol akan terkondisi kedua Figur, cenderung keduanya yang bebas berjalan di Lapangan dengan relawan timnya masing-masing,” jelasnya.

Bukan hanya itu, kata Arqam, dalam pekan depan sebaiknya kedua figur bisa memperjelas partainya dan paket calon 02 nya. “Agar kelihatan lebih jelas, posisi kedua figur ini,”terangnya.

Masuknya LHD oleh tim 9 menjadi kejutan politik bagi Golkar di soppeng, dan bisa menyulitkan AKAR mencari koalisi parpol. Namun sebaliknya, kata Arqam, AKAR sebaiknya mengupayakan agar tetap bisa mendapat rekomendasi partai yang telah dipimpinnya itu.

” Sebaiknya AKAR tetap mengupayakan bisa mengenderai Golkar. Supaya final lawan LHD jadi seru,”terangnya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top