BI Siapkan Rp4 Triliun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

BI Siapkan Rp4 Triliun

FAJARONLINE, MAKASSAR — Jelang Lebaran, penarikan uang tunai dari sejumlah ATM diperkirakan meningkat pesat. Bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya), hingga gaji ke-13 PNS menjadi salah satu pemicunya.

Perbankan pun siap-siap memaksimalkan pelayanan di sejumlah ATM (Anjungan Tunai Mandiri), agar bisa aktif sepanjang hari. Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Negara Indonesia (BNI) Makassar, Jarot Sudarsono, mengungkapkan, sebanyak 804 ATM yang tersebar di berbagai daerah di Sulawesi dan Maluku, dimaksimalkan untuk bisa aktif hingga 99,98 persen. “Artinya, ATM yang tidak aktif mungkin hanya beberapa unit saja. Itupun karena dalam proses maintenance,” jelas Jarot, kepada FAJAR, tadi malam. Lonjakan penarikan uang biasanya terjadi dua pekan sebelum Lebaran. Peningkatannya bisa sampai 30 persen dibanding hari-hari biasa.

Khusus BNI, dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan paling tidak Rp160 miliar setiap dua hari, dengan perkiraan kebutuhan Rp80 miliar per hari di Makassar. Saat jelang Lebaran, bisa saja meningkat menjadi Rp120 miliar. “Saat itu, perusahaan-perusahaan dan pemerintah mulai menyalurkan THR ke rekening masing-masing karyawannya. Otomatis penarikan uang tunai meningkat pesat,” katanya.

Sementara, Regional CEO Bank Mandiri Sulawesi Maluku, Satria, menyebutkan, selama Ramadan, pihaknya menyiapkan uang tunai hingga Rp843 miliar. Khusus di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Mandiri menyiapkan Rp422 miliar.

Satria mengatakan, dana yang disiapkan untuk menghadapi libur Lebaran tahun itu, meningkat hingga 25 persen dibandingkan rata-rata setiap bulan. “Kami menerapkan sistem cash management dan sistem monitoring operasional seluruh ATM untuk menjaga ketersediaan uang dalam ATM. Juga permasalahan ATM akibat perubahan pola belanja nasabah dapat diminimalisasi,” kata Satria.

BI juga menunjuk bank-bank, untuk menjadi tempat kas titipan di beberapa daerah, seperti di Kota Parepare, Bulukumba, dan Bone. “Jadi, BI menempatkan uang di sana,” jelasnya. (sbi/ars-sap) 

loading...
Click to comment
To Top