Ada Pentas Baca Cerpen Karya Putu Wijaya di M Regency – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ada Pentas Baca Cerpen Karya Putu Wijaya di M Regency

FAJARONLINE, MAKASSAR –  “Kenapa Kamu ingin jadi guru Taksu? “ tanya orang tua Taksu yang sangat keberatan anaknya jadi guru. Tapi biar disogok apapun, sampai mobil, dan Diputus bulanannya, Taksu tidak mau berubah. Dia tetap ingin menjadi guru. Orang tuanya pun sangat putus asa. Itu merupakan sepenggal fragmen  puisi Guru karya Putu Wijaya yang dibacakan dengan sangat apik  oleh Aco Karumpa, kepala SMPN I Sengkang di hadapan 45 peserta pelatihan manajemen berbasis sekolah Usaid Prioritas dari 6 kabupaten Wajo, Maros, Bantaeng, Soppeng, Pinrang dan Sidrap di Hotel M Regency, Senin 29 Juni.

Para peserta pelatihan terbawa dengan bacaan Aco Karumpa sehingga kadang-kadang menyahutinya.  Bahkan di akhir cerita, seorang peserta Muh Haris, Kabid Dikdas Bantaeng menceritakan bahwa kisah tersebut mirip dengan kisahnya sendiri yang dilarang orang tua menjadi guru.

Kegiatan pentas baca cerpen Guru pada pelatihan Usaid Prioritas dilakukan agar peserta memiliki wawasan berbagai strategi mengembangkan budaya baca di sekolah masing-masing, di antaranya lewat guru membacakan buku/teks bacaan, sementara anak mendengar dengan seksama.

“Untuk mengembangkan imajinasi anak, buku-buku fiksi sangat penting untuk dibacakan kepada anak-anak, terutama kelas awal dan yang keluarganya tidak memiliki budaya baca. Pengalaman menyimak ini bisa menunjukkan kepada siswa bahwa dalam buku ada hal-hal yang mengasyikkan dan penting, “ ujar Fadiah Machmud, spesialis pengembangan sekolah Usaid Prioritas di sela-sela pelatihan. (ris)

loading...
Click to comment
To Top