Adil Patu Tidak Ikut Bahas Bansos – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Adil Patu Tidak Ikut Bahas Bansos

FAJARONLINE, MAKASSAR – Lagi, terdakwa Adil Patu disidang di Pengadilan Tipikor Makassar, Senin 29 Juni. Agendanya mendengarkan keterangan saksi, Kepala Bidang Anggaran Pemprov Sulsel Agustinus Appang. Dalam keterangannya di depan majelis hakim yang diketuai Muh Damis SH, saksi menjelaskan terkait pembahasan dana bansos tidak pernah dibahas di Badan Anggaran (Banggar). Menurut dia, pembahasannya dibawa ke masing masing komisi.

Saat pembahasan menurut saksi, Adil Patu tidak ada. Pembahasan bansos bukan komisi yang ditangani terdakwa. Intinya dia tidak tahu dan tidak pernah melihat terdakwa saat pembahasan bansos. Sementara saksi Andi Tuti, teller Bank Sulselbar yang jadi saksi untuk terdakwa Mustagbir Sabry alias Moses menjelaskan dia ditugaskan mencairkan dana bansos. Dana yang dicairkan ada dana yang diajukan Pemprov Sulsel. Dana itu baru bisa dicairkan kalau datanya lengkap. Keterangan saksi diperjelas terdakwa bahwa dia sama sekali tidak pernah ketemu saksi, mencairkan dana bansos. “Jadi intinya tidak ada tanda tangan saya dalam pencairkan dana bansos di Bank Sulsel,” tandasnya Moses.

Saksi Nurlina menjelaskan saat itu ada anggaran dana bansos, sekitar Rp100 miliar lebih. Saksi menjelaskan dana bansos bisa dicairkan setelah ada disposisi sekda (maksudnya sekprov). Saksi menjelaskan ada beberapa lembaga yang minta dibantu menerima dana bansos, di antaranya Kahar Musakkar, M Ruslan, Andi Yakin Padjalangi, Ahmad Syam, Ashkabul Kappi, Andre Arief Bulu, La Kama Wiyaka, dan masih banyak lagi legislator yang minta dibantu proses pencairan cek. Terdakwa Mustagbir Sabry menurut saksi, tidak pernah mencairkan dana bansos, yang pernah mencairkan, Mujiburrahman. (ida)

Click to comment
To Top