BRI Target Rp15 Triliun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

BRI Target Rp15 Triliun

FAJARONLINE, MAKASSAR – Subsidi bunga yang diberikan pemerintah untuk kredit usaha rakyat (KUR) mikro membuat Bank Rakyat Indonesia (BRI) optimistis bisa menggenjot penyaluran kredit untuk UMKM, khususnya mikro. Khusus di Makassar, BRI memberi target pertumbuhan paling tinggi 18 persen.

Wakil Pemimpin Wilayah BRI Makassar, Sutadi, menyebutkan, petunjuk teknis terkait penyaluran KUR sebenarnya belum ada. Khususnya pemberian subsidi yang membuat suku bunga kredit UMKM turun menjadi 12 persen. “Tapi, sepanjang Juni tahun ini, kita sudah salurkan hingga Rp13,4 triliun kredit untuk mikro. Kita targetkan, hingga akhir tahun, bisa sampai Rp15 triliun. Tumbuhnya sekitar 18 persen dari tahun lalu,” jelas Sutadi, kepada FAJAR, Senin 29 Juni.

Dia menjelaskan, kredit mikro dengan limit maksimum Rp200 juta, selama ini disalurkan dengan bunga 12-15 persen. “Kita selama ini belum menjalankan kredit dengan skema KUR. Kita masih menggunakan program Kupedes Rakyat,” jelas Sutadi. Jika petunjuk teknis penyaluran KUR dan subsidinya sudah turun, dia menargetkan pertumbuhannya bisa lebih pesat. Mikro merupakan salah satu jenis kredit UMKM Bank BRI, selain usaha ritel, dan menengah. “Kalau ritel, maksimum itu Rp5 miliar. Untuk menengah, karena skalanya lebih besar, di atas Rp5 miliar. Secara keseluruhan, kita targetkan kredit UMKM ini mencapai Rp30 triliun hingga akhir tahun,” katanya. (sbi)

loading...
Click to comment
To Top