Dewan Sebut Proyek Pusat Energi Makassar Gagal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Dewan Sebut Proyek Pusat Energi Makassar Gagal

FAJARONLINE, MAKASSAR — DPRD Kota Makassar sebut proyek pusat energi Kota Makassar yang dipusatkan di Muara Tallo adalah proyek gagal. Alasan sejumlah dewan lantaran menggagap proyek itu akan menguntungkan satu pihak saja. “Itu adalah proyek gagal. Makanya kita pemkot untuk memberhentikan saja proyek itu,” kata Ketua Komisi A DPRD Makassar, Wahab Tahir, Senin 29 Juni.

Pertama, lanjut Wahab, pengembang  yakni PT Asindo Indonesia melanggar nota kesepahaman (MoU) yang disepakatinya dengan pemerintah kota tahun 2011 lalu. Pada Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan mencatat, kesepakatan sebelumnya antara PT Asindo Energy Indonesia dan Pemkot Makassar adalah pembangunan pusat energi makassar.

“Kesepatannya bahwa di lokasi tersebut diperuntukkan untuk pusat energi Makassar, namun, belakangan hari kami mencium ada perusahaan ini akan membangun pusat bisnis. Itu kan sudah jelas melanggar kesepakatan dan akan menguntungkan pihak perseorangan,” ujarnya.

Diketahui, dalam kesempatan yang ditandatangani antara Pemkot dengan pengembang tercatat bahwa luas yang akan direklamasi yakni 500 hektare untuk semua pusat energi. Rencananya, di wilayah tersebut akan digabung semua baik dari Gas, Minyak dan lainnya. ” Rencana awalnya begitu, bahwa semua yang berkaitan dengan pusat energi akan disatukan di lokasi tersebut,” sebutnya.

Asal diketahui, dipusatkannya pusat energi di pesisir Sungai Tallo tersebut agar mewaspadai hal-hal yang terjadi yang mampu merugikan pemukiman sekitar. Sedangkan, penelusuran dan laporan Komisi A DPRD Makassar lahan seluas 500 hektare yang disediakan pemkot telah dibagi menjadi dua kawasan, yakni 200 hektare kawasan pusat energi dan 300 hektare untuk kawasan bisnis. (taq/wik)

Click to comment
To Top