Dispenda Revisi Target Pajak BBNKB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Dispenda Revisi Target Pajak BBNKB

FAJARONLINE, MAKASSAR – Target pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) Dispenda Sulsel meleset. Pada triwulan II, realisasi seharusnya 45 persen. Namun realisasi hanya 38,17 persen atau senilai Rp441,07 miliar. Itu dari target tahunan Rp1,1 triliun.

Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengatakan, tidak tercapainya target tak lepas dari imbas lesunya pembelian kendaraan. Kondisi itu membuat Dispenda bakal merevisi target tahun ini.  “Tentu kita tidak bisa revisi sendiri. Mesti ada koordinasi dengan komisi C,” kata Tautoto di ruang kerjanya, Senin 29 Juni.

Kendati pajak BBNKB tak capai target, beda pajak kendaraan bermotor (PKB). Dari target Rp869,28 miliar, terealisasi Rp411,07 miliar atau 47,28 persen.  “Dari pemasukan pajak ini, total ada 677.643 unit kendaraan yang membayar pajaknya,” sebutnya.

Selanjutnya, untuk Pajak Bahan Bakar (PBB) dari target Rp562,9 miliar yang terealisasi triwulan II baru Rp126,8 miliar atau 22,52 persen.  Untuk memaksimalkan pajak kendaraan, Dispenda berencana membuat Pergub sita kendaraan yang tak membayar pajak. “Kita sementara kirim staf untuk pelatihan juru sita. NTB sudah menerapkan itu. Jadi kalau tidak bayar pajak, kendaraan akan disita. Tetapi itu kita harap baru bisa berlaku 2016 mendatang,” beber Tautoto. (iad)

loading...
Click to comment
To Top