Dua Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dibangun di Jeneponto – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Dua Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dibangun di Jeneponto

FAJARONLINE, MAKASSAR – Asia Grand Capital melalui anak perusahaannya Indo Wind Power Holdings berencana membangun dua pembangkit listrik di Kabupaten Jeneponto awal 2016 mendatang. Kedua proyek  tersebut dinamakan Jeneponto 1 dan Jeneponto 2.

Perwakilan Asia Grand Capital, Thijs Sablerolle, menjelaskan pembangkit Jeneponto 1 kapasitasnya 62,5 MW dengan investasi 120 juta USD. Sedangkan, Jeneponto 2 dengan kapasitas 100 MW nilai investasinya mencapai 200 juta USD. “Kami sudah melakukan riset selama enam tahun untuk pembangunan kedua pembangkit yang mengandalkan tenaga angin itu,” ujar  Thijs dalam pertemuan dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di ruang kerja gubernur, siang tadi, Senin 29 Juni.

Thijs mengungkapkan, survei yang dilakukan terkait kecepatan angin, lingkungan, sosial ekonomi, hingga bioteknik. Hasilnya, Jeneponto memang memiliki potensi angin paling bagus, mencapai delapan meter per second. “Lokasinya di pesisir memungkinkan angin dari arah selatan dan timur, yang konstan sepanjang tahun,” katanya.

Dia mengaku siap memulai konstruksi awal 2016 mendatang. Masa pengerjaan kedua pembangkit tersebut hanya satu tahun sehingga direncanakan beroperasi pada  2017. “Soal harga masih negosiasi dengan PLN. Kami hanya butuh lahan untuk akses jalan dan tower seluas 100 hektar. Untuk Jeneponto 1 ada 25 tower, sedangkan Jeneponto 2 ada 40 tower,” demikian Thijs. (jai)

loading...
Click to comment
To Top