Harga Darah PMI Makassar Naik 20 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Harga Darah PMI Makassar Naik 20 Persen

FAJARONLINE, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menaikkan harga sekantong darah dari Rp250 ribu menjadi Rp325 ribu atau naik 20 persen dari harga normal. “Kenaikan itu diakibatkan harga bahan habis pakai dan regen atau zat kimia yang biasa digunakan sebagai pemisah darah naik mengikuti kurs dollar,” ujar Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal di Makassar, Senin 29 Juni.

Kenaikan itu lanjutnya, sudah sewajarnya mengingat harga sebelumnya Rp250 ribu sudah diberlakukan sejak empat tahun lalu sehingga bila masih dipakai, maka talangan anggaran subsidi sekantong darah makin membengkak. “Tiap kantong darah ada subsidi pemerintah di dalamnya. Kalau dibandingkan dengan provinsi lain, harga perkantong darah Rp360 ribu, kalau di Makassar saya minta di bawah dari itu Rp325 ribu itu sudah sangat pas,” katanya.

Wakil Wali Kota Makassar itu menyebutkan, harga sebenarnya satu kantong darah steril setelah dilakukan pengolahan Rp450 ribu perkantong, Tentu saja itu memberatkan masyarakat, makanya disubsidi APBN dan APBD. “Sudah ada aturan dalam undang-undang dan SK Kemenkes mengenai kenaikan harga hingga batas maksimum hingga Rp399 ribu. Kenaikan itu dipicu bahan habis pakai, termasuk komponen bahan dan regen atau zat yang memisahkan bibit penyakit seperti Hepatitis B,C, Spilis, maupun HIV AIDS,” sebutnya. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top