Kaswadi Makin Sulit Terkejar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kaswadi Makin Sulit Terkejar

FAJARONLINE, MAKASSAR – Pemilihan kepala daerah (pilkada) Soppeng tak ubahnya laga sepakbola. Satu kubu berusaha keras mengejar ketertinggalan dan tim lain mencoba mempertahankan keunggulan. Kemungkinan pesta demokrasi lima tahunan di daerah itu hanya akan menyisakan persaingan dua kubu, Kaswadi Razak dan Luthfi Halide.

Kaswadi kini sementara unggul dan Lutfi dalam posisi mengejar. Dalam beberapa hasil survei yang dilakukan lembaga survei kapabel seperti SMRC (Saiful Mujani Research Consulting), Adhyaksa Supporting dan CRC, elektabilitas Kaswadi unggul di atas 20 persen. “Kondisi itu membuat Kaswadi hanya perlu bermain aman dan bertahan serta berusaha tak kebobolan. Sementara bagi Lutfi, mereka harus berusaha keras mengejar ketertinggalan,” ujar Direktur Program Nurani Strategic, Muh Jufri dalam rilisnya, Minggu 28 Juni.

Mantan Ketua KPU Sidrap itu menyatakan secara teoritis, keunggulan Kaswadi sebenarnya sulit terkejar. “Gap-nya terlalu lebar. Sebenarnya bisa terkejar, tapi itu jika Kaswadi hanya tinggal di rumah tak bersosialisasi,” katanya.

Kaswadi unggul karena punya modal sosial dan politik yang terus dipeliharanya selama ini. Saat pilkada 2010 lalu, dia membukukan 33 persen suara padahal saat itu ia berhadapan dengan incumbent. “Sebesar 33 persen itu modalnya dan hingga kini masih aman. Rakyat Soppeng juga punya memori indah terhadap keluarga besar Kaswadi yang memang secara turun temurun memimpin Soppeng,” tukasnya. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top