Mudik: Jumlah Pengguna Mobil Pribadi Melonjak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mudik: Jumlah Pengguna Mobil Pribadi Melonjak

JAKARTA – Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit memerkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada Lebaran nanti tahun ini akan jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, Lebaran tahun ini jatuh pada hari jelan akhir pelan sehingga masa liburan jadi lebih panjang.

Selain itu, Lebaran tahun ini juga bareng dengan masa liburan sekolah. Karenanya masa liburan pun jadi lebih panjang.

Menurut Danang, kondisi itu membuat lebih banyak warga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Sebab, dengan masa liburan yang lebih panjang, secara biaya akan lebih hemat menggunakan kendaraan pribadi dibanding transportasi umum.

“Tahun ini masa liburan lebih panjang, apalagi Lebaran kena di hari Kamis-Jumat, masyarakat punya waktu lebih panjang.  Karena distribusi pergerakkan lebih panjang, jumlah pemudik yang pakai kendaraan pribadi lebih akan banyak,” ujar Danang kepada JPNN.com, Senin (29/6).

Danang juga mengatakan, lonjakan pengguna mobil pribadi pada musim mudik nanti juga dipengaruhi kenaikan penjualan mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Sebab, makin banyak masyarakat memiliki mobil pribadi karena harganya murah.

“Mobil LCGC lebih murah harganya. Jadi mobil yang dibeli akhir tahun lalu atau awal bulan kemarin mereka baru akan gunakan sekarang untuk mudik,” kata Danang.(chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top